Bupati Karo Terkelin Brahmana bersama Dandim 0205/T. Karo Letkol Inf Taufik Rijal, SE saat memberikan bantuan Sembako kepada ibu-ibu warga Salit. Waspada/Panitra Nedy

TANAH KARO (Waspada): Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH merespon keluhan warga Desa Salit terkait genangan air pada ruas jalan yang membelah desa itu sepanjang sekitar 30 meter.

Respon Bupati Terkelin Brahmana didengar warga setempat seusai pemberian bantuan Sembako kepada warga Salit oleh Dandim 0205/T. Karo dan jajarannya dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke 70 Kodam I/BB, Kamis (11/6).

Bupati menyebutkan, ruas jalan yang tergenang di Desa Salit segera diperbaiki Dinas PUPR Kabupaten Karo melalui dana rutin. Tetapi, warga harus turut membantu mencarikan solusi agar aliran air yang menggenangi ruas jalan dapat mengalir melalui saluran drainase ke sebuah lokasi serapan air.

Soalnya, tempat pembuangan air (lokasi resapan) sangat penting, mengingat ruas jalan yang tergenang air tidak ada saluran pembuangan, dan disaat intensitas hujan tinggi di sekitar itu, volume air tentunya akan bertambah, kata Bupati.

Menyikapi ucapan Bupati Terkelin Brahmana, Kepala Desa dan warga sepakat mencarikan solusi pembuangan air, dan setelah mereka menyanggupi kerjasama ini tentunya pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Karo bisa bekerja.

“Kemungkinan besok, Jumat (12/6) pihak Dinas PUPR Kabupaten Karo memperbaiki jalan tersebut, agar masyarakat merasa nyaman melintas di sana” ujar Bupati saat di wawancara Waspada.

Sejumlah warga Desa Salit yang berpapasan dengan Waspada di lokasi genangan air, berharap agar Pemkab Karo segera memperbaiki ruas jalan yang tergenang itu, supaya kerusakan ruas jalan tidak bertambah selama direndam air, dan masyarakat juga mendapat manfaat perbaikan. (a06)

Sumber: https://waspada.id