Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara menyampaikan presentase di hadapan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH tentang konsep dan strategi tatanan New Normal | topmetro.news

topmetro.news – Dandim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara menyampaikan presentase di hadapan Bupati Karo Terkelin Brahmana SH MH tentang konsep dan strategi tatanan normal baru (New Normal), jika pelaksanaanya diberlakukan ke depan di Karo.

Hal ini dipaparkan Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal Batubara, dalam presentasi Zona Merah ke Zona Hijau serta menuju New Normal, Selasa (16/6/2020). Digelar di Ruang Command Center Kabanjahe. Dihadiri Bupati Karo Terkelin Brahmana, Asisten III Mulianta Tarigan, Asisten II Dapat Kita Sinulingga, Plh GTPP Covid-19 Ir Martin Sitepu, Kasatpol PP Hendrik Philemon Tarigan, Kepala Inspektorat Philemon Brahmana, Kepala DPKPAD Andreasta Tarigan, Kasdim Mayor Inf D Marpaung, dan sejumlah perwira Kodim 0205 /TK.

Menurut Dandim, pada intinya pihaknya bersama aparat penegak hukum lainnya siap untuk mengawal New Normal, jika diberlakukan. Di antaranya, dalam hal menjalankan peraturan di tengah masyarakat.

“Membangun sinergitas dalan pelaksanaan tugas New normal sangat penting. Dimensi protokol kesehatan harus dikedepankan. Ini juga masyarakat harus siap. Dalam arti kata, ikuti imbauan dan aturan dari pemerintah melalui Tim Gugus Tugas,” katanya.

Masalah tanggung jawab operasi tugas, Taufik mengaku sudah siap, jika dibebankan kepadanya dengan bergandengan tangan bersama aparat penegak hukum dan Satpol PP.

Dukung New Normal
Sementara Bupati Karo Terkelin Brahmana menyatakan dukungan sepenuhnya apabila New Normal diberlakukan sesuai konsep yang dipaparkan Dandim 0205/TK.

“Menuju New Normal butuh sinergitas dari semua unsur elemen, lintas masyarakat, lintas agama, lintas OPD dan lintas pemangku kebijakan, dalam mengikuti protokol kesehatan. Semua ini tetap kepada kedisplinan dan sikap kita mematuhi SOP yang ada nantinya,” ucap Terkelin.

Untuk menjaga Karo kembali lepas dari Zona Merah, kata bupati, semua pihak dituntut lebih peduli, waspada dan patuh atas protokol kesehatan, dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Tentu hal ini berdampak kepada New Normal, jika semua sudah berangsur pulih ke Zona Hijau.

Lebih lanjut Terkelin menghimbau, saat ini Karo dalam Zona Merah. Sehingga masyarakat yang datang dari Medan, Deliserdang masuk ke wilayah Karo, supaya menunda perjalanan. Sebab ‘chek poin’ di Desa Doulu sudah dilakukan penyekatan. Bagi setiap kendaraan yang hendak masuk akan diperiksa keperluannya.

reporter | Rafael M Putra Pinem

Sumber: https://topmetro.news