Ketua GTPP Kab Karo Terkelin Brahmana didampingi Ketua Operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan (OPPK) Letkol Inf Taufik Rizal Batubara memeriksa barisan pasukan OPPK Covid-19. (orbitdigitaldaily.com/Daniel Manik)

TANAHKARO – Melihat terjadinya peningkatan grafik kasus positif Covid-19 di wilayah Kabupaten Karo yang diprediksi akan terus bergerak naik, tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, membentuk tim Operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan (OPPK), guna mengoptimalkan pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Tim operasi itu diketuai Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal selaku wakil ketua satu GTPP dengan melibatkah unsur Kodim 0205 /TK, Polres Tanah Karo, Yonif 125 /Smb, Sub Denpom I/2-1, Satpol PP Pemkab Karo, Dishub, BPBD Karo, Unsur Dinas Kesehatan dan RSUD Kabanjahe.

Hal itu dikatakan Bupati Karo yang juga Ketua Gugus Tugas Kabupaten Karo Terkelin Brahmana SH MH, saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) pendeklarasian operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan Covid-19, Senin (7/7/2020) pukul 09.00 wib di lapangan Samura Kabanjahe.

Menurutnya, apel gelar pasukan operasi pendisplinan protokol kesehatan di Kabupaten Karo ini merupakan langkah strategis kita bersama untuk mewujudkan sinergi antar stakeholder khususnya dengan TNI /POLRI guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Dengan diberlakukannya operasi ni, diharapkan dapat membantu mempersiapkan masyrakat dalam menghadapi tatanan hidup normal yang baru yang produktif dan aman dari Covid-19.” Sebutnya.

“Operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan ini, merupakan langkah awal untuk memastikan masyrakat membiasakan diri untuk beraktifitas dengan selalu memperhatikan dan melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 secara displin,” terangnya.

“Displin individu dalam mematuhi Protokol Kesehatan sangatlah penting, namun displin kolektif jauh lebih penting untuk diterapkan, tanpa displin kolektif, disiplin individu akan menjadi sia sia,” tandasnya.

“Untuk itu, saya menghimbau kepada seluruh masyarakat supaya selalu menerapkan pola hidup sehat, menggunakan masker, rajin cuci tangan dan tetap menjaga jarak guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujarnya, disertai ketukan 3 kali pertanda Operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan Resmi dimulai.

Usai upacara Ketua Operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan Kabupaten Karo yang juga Dandim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal BatuBara mengatakan sebagai penegak kedisplinan, maka kita harus lebih dulu menerapkan displin yang tinggi dengan mematuhi protokol kesehatan itu.

“Untuk itu, semangat solidaritas dan kebersamaan berperan penting dan sangat menentukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini,” Pungkasnya.

Hadir dalam gelar pasukan Operasi Pendisplinan Protokol Kesehatan itu, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo SH MH, Kapolres Tanah Karo AKBP Yustinus Setyo, Dansub Denpom I/2-1 Kapten Cpm Dwi Darsono, para OPD dan Camat se-Kabupaten Karo.

Reporter: Daniel Manik

Sumber: https://orbitdigitaldaily.com